Indo Tower Crane
Berita

Berapa Harga Tower Crane? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang hendak membangun bangunan bertingkat. Namun dibandingkan dengan membeli tentu saja penggunaan tower crane itu sendiri lebih banyak dilakukan dengan sistem sewa. Akan tetapi apa sih yang disebut dengan tower crane itu sendiri? Berikut penjelasannya:

Tower crane adalah salah satu bentuk alat berat yang digunakan untuk mendukung pembangunan gedung bertingkat atau bahkan jembatan. Bentuk yang dimilikinya pun seperti halnya menara  yang menjulang tinggi ke bagian atas dan dibuat dengan bahan besi menggunakan sistem penggerak, sehingga proses pembangunan pun lebih mudah untuk dilakukan.

Dikenal sebagai alat yang menghubungkan area-area tertentu, baik secara vertikal maupun horizontal, dan juga penggunaannya sebagai media untuk mengangkut beragam material lain serta alat yang dibutuhkan tentunya menjadikan tower crane sebagai benda penting yang wajib untuk diperhatikan. Apalagi keberadaan tower crane itu sendiri juga mempengaruhi tingkat keselamatan para pekerjanya.

Menurut cara kerjanya, tower crane dijalankan dengan menggunakan mesin yang berada di dekat dari struktur gedung. Itulah sebabnya jika gedung yang dibangun semakin tinggi, maka mesin yang digunakan pada crane pun akan semakin tinggi pula. Merujuk pada hal tersebut tentunya turut berpengaruh pula pada Harga Tower Crane (sewa) yang dimilikinya, namun harga sewa yang diberikannya tersebut umumnya disatukan dengan kebutuhan biaya-biaya lainnya. Seperti halnya biaya kirim, pemasangan, biaya bongkar,  dan juga kebutuhan untuk mengembalikannya.

Selain itu, untuk penempatan tower crane juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Hal ini bahkan diperlukan perencanaan khusus dan lebih matang juga dengan memperhatikan kondisi lokasi, serta struktur bangunan yang dimilikinya. Untuk itu diperlukan ahli khusus yang dapat bekerja dalam proses pemasangan tower crane, pasalnya bagian yang satu ini ketika dipasang harus memperhatikan jarak yang dimilikinya. Karena dengan jarak yang tepat tentunya crane dapat berfungsi dengan lebih baik dan leluasa dalam mengangkut serta mengangkut kebutuhan alat pembangunan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa bagian pada tower crane yang berperan penting dengan fungsi yang dimilikinya :

  1. Jib

Jib adalah tangan dari tower crane yang dapat digerakkan hingga 360 derajat secara horizontal. Jib juga terbuat dari kabel baja sehingga dapat mengangkut dan juga menahan peralatan yang digunakan pada proses pembangunan.

  1. Counter Weight

Counter weight adalah pemberat yang berada di bagian belakang dari tangan crane atau jib dan terbuat dari beton. Bagian yang satu ini digunakan untuk menyeimbangkan alat proyek ketika diangkut.

  1. Mast Section

Mast section adalah bagian yang digunakan untuk mengatur tinggi dari tower crane. Karena itulah untuk pemasangan alat yang satu ini pun dibutuhkan bantuan dari mesin hidrolik dengan arah vertikal.

  1. Joint Pin

Join pin adalah tempat dari operator yang bekerja untuk mengatur pergerakan tower crane. Pada tower crane sendiri terdapat dua tombol limit yang terdiri dari tombol beban maksimum, serta tombol momen beban, yang dapat membantu operator untuk memastikan bahwa crane tidak mengangkat beban secara berlebih.

  1. Collar Frame atau Anchorages Frame

Bagian yang satu ini dikenal sebagai bagian penting utamanya ketika tower crane melebihi batas ketinggian tertentu. Sementara collar frame atau pun sabuk pengaman digunakan dengan cara diikatkan pada bangunan dengan cara memperhatikan kekuatan bracing, sehingga bangunan pun dapat terjaga dengan stabil meskipun terdapat tarikan atau bahkan tekanan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat yang dapat penulis jelaskan mengenai Harga Tower Crane kali ini.

Ketika mendengar perusahaan konstruksi, sebagian besar masyarakat akan membayangkan korporasi yang berkaitan dengan pembangunan gedung. Faktanya, walau memang berhubungan dengan gedung-gedung tinggi, konstruksi juga mencakup fasilitas lain seperti rumah hingga jembatan.

Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi pun terdiri atas beberapa jenis. Di bawah ini daftar tipe konstruksi berdasarkan objek/bangunannya.

  • Konstruksi Perumahan

Sesuai namanya, susunan dalam ranah ini dirancang sedemikian rupa untuk kompleks perumahan atau tempat tinggal. Pada zaman prasejarah, kemampuan membangun menjadi salah satu pembeda di antara homo sapiens dengan spesies manusia purba lainnya. Seiring berjalannya waktu, kemampuan manusia dalam mendesain tempat tinggalnya semakin meningkat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

  • Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi ini biasanya diterapkan pada fasilitas umum seperti bangunan institusional, komersial, pendidikan, sosial, industri ringan, hingga tempat rekreasi. Konstruksi gedung umumnya dikerjakan para arsitek sipil dengan menggunakan material yang lebih ditekankan pada aspek-aspek arsitektural. Tipe konstruksi ini pula yang paling sering dikerjakan dan ditemukan di kota-kota besar.

  • Konstruksi teknik

Berbeda dengan konstruksi gedung, konstruksi teknik menggunakan struktur yang didesain secara khusus oleh para pakar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Jenis konstruksi yang berkaitan dengan infrastruktur ini dipecah lagi menjadi dua bagian, yakni konstruksi jalan (mencakup konstruksi jembatan dan drainase) dan konstruksi berat (didanai pemerintah atau bermitra dengan swasta).

  • Konstruksi Industri

Dibandingkan dengan jenis-jenis konstruksi sebelumnya, konstruksi industri terbilang yang paling berat karena meliputi proyek tingkat tinggi untuk manufaktur maupun produksi. Dalam sejumlah proyek, para kontraktor dan arsitek akan dilibatkan dalam satu perusahaan. Mereka lantas diberi tugas merancang desain hingga melaksanakan pembangunan konstruksi yang diminta klien.

Dalam praktiknya, perusahaan konstruksi harus memegang perancangan maksimal untuk melancarkan pembangunan. Maka dari itu korporasi yang menangani sebuah proyek konstruksi perlu mengetahui dulu jenis bangunan yang hendak mereka bangun beserta kebutuhan, fungsi, hingga manfaatnya.

Setelah mengetahui bentuk fisik yang akan dirancang, perusahaan yang menangani proyek juga wajib mengetahui usaha-usaha yang tercakup dalam spesifikasi pekerjaannya. Berdasarkan Undang-undang Nomor 18 tahun 1999, ada tiga kategori aktivitas yang terdapat dalam jasa konstruksi, di antaranya:

  1. Perencanaan Konstruksi

Seperti yang telah disinggung, penting bagi sebuah perusahaan yang menjalankan jasa konstruksi untuk melakukan perancangan. Dalam hal ini, korporasi perlu merangkai jadwal kegiatan maupun bagian, mulai dari studi pengembangan hingga penyusunan dokumen kontrak untuk kerja konstruksi. Kebutuhan yang ada dalam perencanaan konstruksi ini biasanya disebut sebagai konsultan perencana.

  1. Pelaksana Konstruksi

Berikutnya, dalam pelaksana konstruksi, perusahaan akan memberikan layanan berupa pelaksanaan kerja konstruksi. Servis tersebut terdiri atas rangkaian aktivitas maupun bagian dari kegiatan seperti persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir dari pekerjaan konstruksi. Dalam hal ini, hasil akhir tadi kerap dinamakan juga sebagai kontraktor konstruksi.

  1. Pengawasan Konstruksi

Terakhir, pengawasan kontruksi yang, sesuai namanya, merupakan layanan pemantauan untuk baik sebagian maupun keseluruhan pekerjaan yang dilaksanakan korporasi. Kegiatan yang ada di dalam kategori ini mencakup penyiapan lapangan hingga penyerahan akhir konstruksi. Rangkaian aktivitas ini kerap disebut juga sebagai konsultan pengawas.

Dengan mengetahui jenis konstruksi beserta kategori usahanya, maka akan lebih mudah juga bagi para klien untuk memilih tipe konstruksi yang mereka perlukan. Di sisi lain, perusahaan konstruksi juga dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk klien mereka.

Jack in Pile merupakan suatu sistem pemancangan pada pondasi tiang yang penggunaannya dengan cara ditekan ke dalam tanah menggunakan dongkrak hidraulis dan diberi beban counterweight.

Mengetahui berbagai kelebihan jack in pile

Tahukah anda bahwa alat jack in pile ini memiliki berbagai kelebihan. Nah, apa-apa saja kelebihan alat yang satu ini? Langsung saja di bawah ini beberapa kelebihannya.

  • Memberikan daya dukung  gesek tanah lebih baik dan maksimal. Hal ini dikarenakan metodenya merupakan metode penetrasi tekan statis, dengan begitu tanah yang awalnya mendorong kesamping yang diakibatkan penetrasi tiang, maka dalam beberapa jam tanah akan kembali menjepit tiang serta memberikan daya dukung tambahan yang semakin besar
  • Output produktifitas atau pekerjaan akan semakin baik dibandingkan dengan hammer
  • Tidak akan menghasilkan suara yang bising seperti halnya pada hammer
  • Tidak memerlukan loading test beban aksial. Hal ini dikarenakan mesin hydraulic jack-in telah dilengkapi pressure gauge (MPA)
  • Tidak terjadinya getaran pada sekelilingnya, maka sangat aman pada bangunan yang ada di dekatnya (sangat minim terjadinya keretakan struktural pada bangunan tetangga)

Selain memiliki beberapa kelebihan di atas, ternyata alat Jack in Pile juga dapat memancang pondasi dengan ukuran-ukuran tertentu, seperti 200 x 200 mm hingga 500 x 500 mm. Mobilisasi jack in pile sangat mudah, bahkan alat yang satu ini tidak mungkin terjadinya keretakan di bagian kepala tiang. Agar dapat mendukung kinerja alat ini, maka dibutuhkan alat lainnya, yaitu mobile crane yang berfungsi mengangkat tiang pancang di dekat alat pancang. Bukan hanya itu saja, mobile crane juga sering digunakan pada proyek-proyek berskala menengah, karena dapat bergerak bebas ketika mengelilingi area proyek.

Jack In Pile, alat yang ramah lingkungan

Nah, untuk anda yang ingin sekali membangun rumah yang memiliki pondasi tiang pancang di kawasan perkotaan yang sangat padat penduduknya, tentunya anda akan berfikir apakah mungkin bisa dilakukan? Jawabannya adalah mungkin saja, dengan solusinya adalah menggunakan Jack in Pile. Seperti kelebihan yang telah dipaparkan diatas, ternyata alat yang satu ini sangat ramah lingkungan. Maka dari itu, alat jack in pile bisa digunakan hampir di semua area, terlebih lagi pada area perkotaan yang padat dengan penduduknya.

Proses pengerjaan pemancangan jack in pile ternyata cukup cepat. Bahkan, produktivitasnya dapat mencapai 120 m’ pada tiang terpancang dalam per harinya untuk satu alat HSPD. Ada beberapa ketentuan dalam melakukan pengerjaan pondasi tiang pancang yang menggunakan sistem jack in pile ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  • Pintu masuk pada area proyek memiliki lebar minimal 4,5 m, baik itu untuk jalan masuk truck, crane hidrolik, hingga alat pancang
  • Lebar jalan untuk menuju ke area proyek adalah minimal 12 m, serta bisa dilalui truck troton dalam mengangkut material tiang pancang yang memiliki beban sekitar 20 ton
  • Dalam pengerjaan tiang pancang pada bangunan, seperti bangunan gudang, maka ketinggian bangunan gudang tersebut minimal 9 m, serta tempat ketinggiannya adalah 12 m dalam penyetelan alat pancang
  • Area jalan masuk bebasnya, baik itu dari kabel listrik atau kabel teleponnya minimal terdapat tinggi bebas adalah 4,5 m

Semoga berbagai ulasan di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai Jack in Pile.

Penyewaan Alat Berat memang sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan pembuatan konstruksi bangunan. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika memilih perusahaan sewa alat berat.

Mengetahui informasi dan memiliki alamat yang jelas

Biasanya perusahaan penyewaan alat berat mempromosikan usahanya dengan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan media online. Maka dari itu, Anda akan lebih mudah menemukan sejumlah perusahaan sewa alat berat melalui mesin pencari yang ada di internet. Pada situs sewa alat berat tersebut, maka Anda harus memastikan dengan baik nomor telepon yang dapat dihubungi hingga alamat dari perusahaannya. Dengan begitu, Anda akan yakin jika sewa alat berat yang Anda pilih bukanlah perusahaan fiktif.

Perusahaan yang telah dipercaya dan berpengalaman di bidangnya, tentunya akan memberikan banyak pilihan untuk calon penyewanya. Hal ini berarti perusahaan tersebut mempunyai banyak jenis alat berat yang bisa Anda sewakan. Banyaknya alat berat yang disewakan, maka akan semakin banyak pula penyewa yang akan memberikan kepercayaan penuh terhadap perusahaan tersebut.

Cari informasi dari rekanan Anda

Bukan hanya mencari informasi dari media online saja, tetapi Anda juga dapat menemukan perusahaan sewa alat berat dari rekanan. Tentunya rekan dari sesama kontraktor yang profesional akan memiliki pengalaman lebih dalam hal memilih perusahaan terpercaya dan tentunya berkualitas baik. Memang, secara umum informasi yang berkaitan dengan profesionalisme perusahaan penyewaan alat berat tidak diumumkan pada situs resmi perusahaan. Tetapi, Anda bisa mengetahuinya dari pengalaman rekan seprofesi yang memang kebetulan pernah melakukan sewa alat berat pada perusahaan bersangkutan. Dalam hal ini, berbagai masukan dari rekanan Anda dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum menjatuhkan pilihan kepada perusahaan Penyewaan Alat Berat.

List lengkap dari alat berat yang akan disewa

Seperti pada pembahasan sebelumnya, semakin lengkap alat berat pada suatu perusahaan, tentunya akan semakin besar kepercayaan konsumen pada perusahaan tersebut. Sehingga, Anda juga perlu memastikan bahwa akan mendapatkan list lengkap dari alat berat yang memang disewakan pada perusahaan yang Anda pilih. Ketika alat berat yang disewakan semakin banyak, kemungkinan besar Anda akan memperoleh jenis alat berat yang memang dibutuhkan pada pengerjaan kontruksi. Selain itu, merek alat berat harus diperhitungkan juga, karena adakalanya alat berat yang dipilih kurang branded, sehingga akan mendapatkan performa yang tidak terlalu bagus walaupun kondisinya masih mulus.

Bandingkan harga sewa

Agar dapat menekan biaya pengeluaran, maka sudah sewajarnya Anda memilih perusahaan sewa alat berat yang bisa menawarkan kisaran harga yang murah. Walaupun demikian, Anda juga tidak boleh langsung memilih perusahaan yang menawarkan dengan harga sangat terjangkau, adakalanya tawaran murah yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi alat beratnya. Bisa dikatakan bahwa alat berat tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Umumnya, perusahaan-perusahaan sewa alat berat menawarkan kisaran harga yang tidak sama, maka dari itu, sangatlah penting Anda membandingkan harga sewanya antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pada intinya, telitilah sebelum melakukan penyewaan, dengan begitu akan membuat semakin besar peluang Anda memperolah kisaran harga murah dengan kualitas memuaskan pasinya.

Setelah mengetahui berbagai tips di atas, tentunya akan dapat bermanfaat untuk para kontraktor yang memang sedang menangani proyek pembangunan baik itu gedung ataupun bangunan ketika akan melakukan Penyewaan Alat Berat.

Sewa Alat Berat saat ini memang tengah dicari oleh banyak orang terutama untuk mempermudah kebutuhan mereka dalam proyek konstruksi dan lainnya yang butuh alat berat.

Dibandingkan dengan membeli alat berat untuk kegiatan pembangunan atau konstruksi, sewa alat berat Jakarta lebih akan memberikan keuntungan. Hal ini karena biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli alat berat pun tergolong sangat mahal.

Bagi Anda yang sedang mencari penyedia jasa sewa alat berat Jakarta untuk kebutuhan konstruksi proyek Anda, akan ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini dalam menemukan penyedia jasa penyewaan alat berat.

  1. Memasukkan Beberapa Penyedia Jasa dalam List

Mencari jasa sewa alat berat Jakarta memang susah-susah gampang karena terdapatnya banyak penyedia. Agar Anda bisa memilih salah satu maka Anda harus mengumpulkan beberapa jasa sewa alat berat ke dalam list Anda.

Untuk menemukan jasa sewa alat berat ini, Anda bisa mencarinya di Internet ataupun bertanya pada teman yang telah berpengalaman dalam penyewaan alat berat.

Setelah itu, Anda harus mencari informasi lengkap mengenai daftar sewa alat berat tersebut. Apabila ada yang tidak cocok seperti terbatasnya alat berat yang disewakan, Anda bisa langsung mencoretnya dari daftar dan fokus mencari informasi penyedia jasa sewa alat yang lainnya.

  1. Mencari Informasi Lebih Banyak

Agar Anda terhindar dari penipuan jasa penyewaan alat berat, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai jasa tersebut. Pada umumnya, pusat sewa alat berat Jakarta yang telah profesional dan berpengalaman memiliki website untuk promosi bisnisnya.

Dengan adanya website tersebut maka Anda akan dimudahkan dalam menemukan berbagai informasi terkait. Anda bisa memastika jika, jasa tersebut menyertakan alamat dan nomor telefon yang valid untuk Anda hubungi.

Dengan informasi tersebut, Anda dapat memastikan jika jasa sewa alat berat tersebut tidak palsu atau fiktif. Penyedia yang telah profesional pun akan menawarkan Anda beberapa pilihan mengenai alat berat yang Anda butuhkan sehingga Anda bisa selalu menaruh kepercayaan pada mereka.

  1. Adanya Surat Dukungan Peralatan

Hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah penyedia jasa sewa alat berat Jakarta yang juga memiliki surat dukungan peralatan. Walaupun ini tidak terlalu penting, tapi adanya surat dukungan akan menjadi penting apabila perusahaan  Anda memenangkan tender proyek.

Dengan adanya surat dukungan tersebut maka rekan perusahaan akan lebih mempercayakan perusahaan Anda dalam proses pembangunan konstruksi ini.

  1. Membandingkan Harga Sewa

Selanjutnya adalah Anda harus membandingkan harga sewa dari setiap sewa alat berat Jakarta. Hal ini agar Anda bisa menekan biaya. Anda bisa membandingkan apakah sebuah penyewaan yang menawarkan harga murah akan menyediakan alat berat yang lengkap dengan kondisi yang baik?

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh terpaku dengan harga murah yang ditawarkan apabila ternyata kendaraan yang disewakan sering mengalami masalah yang bisa membahayakan proses pembangunan proyek Anda.

Harga sewa alat berat Jakarta biasanya berbeda-beda, oleh sebab itu Anda harus mencari informasi lebih jauh agar mendapatkan harga yang cocok.

Keuntungan Sewa Alat Berat

  1. Anda tidak akan terikat dengan perawatan alat berat secara berkala.
  2. Tidak harus mempunyai operator yang akan menjalankan alat berat tersebut ataupun yang akan merawatkan.
  3. Anda tidak perlu menyediakan lahan parkir. Terlebih lagi hampir semua alat berat berukuran berukuran besar.

Ada banyak sekali jasa sewa alat berat Jakarta, oleh sebab itu Anda harus benar-benar selektif memilihnya.

 

Harga Passenger Hoist tentunya tidak jauh berbeda dengan harga yang diberikan pada beragam alat bangunan berat lainnya. Pada dasarnya ada banyak jenis alat bangunan berat yang digunakan dalam proses pembangunan, seperti halnya passenger hoist, tower crane, dozer, motor grade, pemancang tiang, axcavator dan juga beragam peralatan lainnya.  Namun dari sekian banyak peralatan yang digunakan tersebut passenger hoist memiliki peranan tersendiri yang juga dikenal sebagai bagian penting. Hal ini berkaitan dengan penggunaannya yang ditujukan sebagai alat transportasi atau pun pengangkut para pekerja serta sebagai alat untuk mengangkut beragam jenis bahan material lainnya.

Dalam penggunaannya passenger hoist umumnya digunakan dalam proses pembangunan gedung bertingkat tinggi yang juga disertai dengan penggunaan beberapa bahan material lainnya. Seperti halnya las travo, concrete vibrator, kemudian alat ukur, dan juga beragam macam alat lainnya yang diangkut dengan menggunakan bantuan dari peralatan yang satu itu.

Dalam cara kerjanya passenger hoist ini memiliki sistem modular dengan cara kerja sederhana, sehingga dalam penggunaannya pun dapat dipasang dan dibongkar dengan lebih mudah. Bahkan ketika menambah ketinggian, alat yang satu ini tidak memerlukan bantuan dari alat atau pun mesin lainnya. Hal ini berkaitan dengan prinsip kerja yang dimilikinya yang menggunakan bantuan pinion serta rack. Sedangkan untuk sistem keamanan yang dimilikinya, apabila tingkat kecepatan dari passenger hoist tersebut berubah tinggi maka bagian dari brake pun akan melakukan pengereman secara otomatis.

Kapasitas Passenger Hoist

Harga Passenger Hoist yang cukup tinggi juga dipengaruhi dari keberadaan dua bagian kabin yang dimilikinya. Keberadaan 2 kabin tersebut berkaitan dengan sistem pencegahan, yang mana apabila salah satu bagian kabin yang dimilikinya mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan, maka pekerjaan pun tidak akan terganggu dan tetap dapat dilakukan dengan bantuan kabin lainnya. Sementara itu, hal lain yang patut untuk anda perhatikan adalah melihat beratnya beban atau kapasitas beban dari muatan yang diangkutnya. Pastikanlah agar muatan yang diangkut olehnya tersebut tidak melebihi batas maksimal dari kapasitas yang dimilikinya sehingga kabin dari passenger hoist itu pun dapat terjaga dengan lebih aman tentunya.

Pada umumnya passenger hoist itu sendiri memeiliki kapasutas angkut hingga 1.3 ton atau sekitar 18 orang. Untuk itu, apabila berat muatan melebihi kapasitas yang dimilikinya, maka dapat dipastikan passenger hoist tersebut berakibat rusak dan tidak dapat digunakan kembali.  Penggunaan passenger hoist yang mengikuti ketinggian gedung juga perlu distabilkan agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Sementara untuk menstabilkannya diperlukan sabuk pengaman yang terdapat pada bagian section. Hal ini berbeda dengan penggunaan tower crane dengan model static yang mana  menggunakan sabuk pengaman dengan cara diikatkan pada bagian kolom tertentu jika ketinggian dari tower crane itu sendiri melebihi batas free standing yang dimilikinya.

Batas Ketinggian

Pada batas penggunaan tower crane umumnya mereka menentukan batas ketinggian 4 hingga 6 meter dari tingkat ketinggian maksimum pada batas pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini juga berlaku pada penggunaan passenger hoist yang tentunya membutuhkan keberadaan sabuk pengaman dalam pekerjaannya. Sabuk pengaman tersebut umumnya dihubungkan dengan slab atau lantai dengan bagian beton yang telah berumur minimal 21 hari.

Dari penjelasan tersebut tentunya dapat anda lihat bahwa penggunaan passenger hoist itu tidak jauh berbeda dengan penggunaan tower crane. Hanya saja untuk sistem pengamanan serta tingkat penggunaan jelas memiliki perbedaaan, termasuk pada proses pemasangan dan lainnya. Untuk itu, maka Harga Passenger Hoist Itu sendiri tidak jauh berbeda dengan crane termasuk pada harga sewa yang dimilikinya.

 

Menentukan supplier alat berat di Indonesia perlu dilakukan secara cermat. Selain harga yang relatif mahal, kualitas alat berat sangat mempengaruhi pekerjaan dari pihak yang membutuhkannya. Supplier alat berat yang sudah berpengalaman tentunya tak ragu memberikan layanan maksimal kepada klien baru maupun lama. Salah satu bentuk servisnya adalah menyediakan suku cadang alat berat asli dan berkualitas tinggi.

Maka, sebelum menjatuhkan pilihan, calon pembeli atau klien perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Periksa Reputasi Dan Kredibilitas Supplier

Menjadi penyedia alat berat memang bisnis yang menguntungkan. Sayangnya, peluang tersebut malah disalahgunakan oknum-oknum yang ingin meraup laba melimpah tanpa memperhatikan nasib pembeli. Untuk menghindari kemungkinan terburuk tadi, calon klien patut memeriksa reputasi dan kredibilitas dari supplier yang akan dipilih. Malah kalau memungkinkan datang langsung ke tempat mereka bekerja untuk melihat kualitas produk hingga bernegosiasi dengan pemiliknya. Dengan begitu, kemungkinan mendapat alat berat palsu atau bermutu rendah dapat dihindari.

  1. Memastikan Alat Berat Yang Dicari Tersedia

Ada supplier yang dapat didatangi langsung? Menyambung poin sebelumnya, manfaatkan kesempatan ini untuk memeriksa alat-alat berat yang mereka sediakan. Selain itu, jangan jatuhkan pilihan langsung pada satu tempat. Carilah beberapa supplier lain yang rentang harga produknya bersaing ketat. Kunjungi satu per satu, baru setelah itu pilih mana penyedia yang dirasa sesuai dengan bujet maupun kebutuhan. Akan tetapi, kalau letak supplier cukup jauh, lakukan pemeriksaan dengan mengakses website atau media sosial mereka (kalau ada) atau minta orang lain untuk melihat-lihat ke sana.

  1. Mengenali Sistem Pembayaran Yang Ada

Supplier alat berat bukanlah tipe penyedia produk biasa, mengingat stok barang yang mereka sediakan berukuran besar dengan harga yang tidak murah. Itu berarti, sistem pembayaran yang disediakan pun agak berbeda dari supplier produk lainnya. Tanyakan sistem pembayaran yang ditawarkan untuk jual-beli alat berat. Apakah mereka hanya menerima tunai atau melayani transaksi kredit? Apakah alat berat yang mereka jual bisa dicicil pelunasannya? Ingat, pembeli berhak mengetahui informasi seputar metode pembayaran dan supplier profesional tentunya tak akan ragu berbagi jawaban.

  1. Ketersediaan Garansi (Warranty) Alat Berat

Sebagai bentuk jaminan terhadap konsumen, garansi biasanya turut disertakan dalam transaksi produk. Hal tersebut juga berlaku pada alat-alat berat, khususnya yang masih baru atau belum berstatus bekas. Supplier dengan jam terbang tinggi biasanya akan memberitahu ketersediaan garansi tanpa ditanya dulu oleh calon pembeli. Namun, konsumen juga berhak mengetahui dengan menanyakannya bila supplier tidak menyebutkan jaminan tersebut. Malah sekarang, klaim garansi dapat dilakukan secara online untuk kepraktisan bagi kedua belah pihak.

  1. Product Knowledge Dari Pihak Supplier Produk

Poin terakhir yang tak kalah penting untuk digali adalah product knowledge dari supplier-nya. Penyedia alat berat harus mengenal baik produk-produk yang mereka pasarkan—dari nama, seri, kompoonen, dan perawatan yang sesuai. Pengetahuan yang baik dan lengkap merupakan nilai tambah sekaligus indikator konsumen saat hendak memilih alat berat yang mereka butuhkan. Di sisi lain, calon pembeli juga harus membekali diri dengan informasi alat berat yang mereka cari. Langkah tersebut bisa menghindari mereka dari oknum yang kadang menipu lewat berbagai kebohongan yang meyakinkan.

Dengan kelima cara di atas, diharapkan calon klien atau pembeli dapat menemukan supplier alat berat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Tower crane Jakarta merupakan salah satu alat berat yang digunakan dalam pembangunan gedung bertingkat. Sesuai namanya, jenis tower tersebut mempunyai bentuk menyerupai jembatan dengan rangkaian besi sebagai material utama. Tower crane berfungsi sebagai penghubung antar area—baik horizontal maupun vertikal—dan pengangkut material yang dibutuhkan.

Sistem kerja dan pemakaian tower crane

Pada umumnya tower crane digerakkan dengan mesin yang dipasang dekat dengan struktur bangunan. Tinggi crane juga biasanya disesuaikan dengan tinggi bangunan tersebut. Untuk menyewa alat berat ini, selain harus mengeluarkan bujet yang telah disepakati, dibutuhkan ongkos pengiriman, pemasangan dan pembongkaran, hingga tahap pemulangan.

Tak hanya itu, menempatkan tower crane harus dilakukan secara hati-hati mengingat ukurannya yang relatif besar dan berbobot berat. Kontraktor yang menangani proyek perlu merancang rencana matang, termasuk memastikan kondisi lapangan hingga struktur bangunan. Kemudian, pemasangan tower crane juga dipengaruhi jarak di antara crane yang akan dipakai. Dengan begitu, efektivitas jangkauan area di lokasi proyek juga akan lebih maksimal.

Bagian-bagian tower crane dan fungsinya

Adapun bagian-bagian tower crane beserta fungsinya berikut ini:

  • Jib. Bagian ini dianggap sebagai ‘lengan’ tower crane dan dapat digerakkan secara horizontal sampai 360 derajat. Material yang dipakai untuk membuat jib mencakup kabel baja (sling) yang mampu menahan hingga mengangkut alat-alat lain yang dimanfaatkan dalam konstruksi proyek pembangunan;
  • Counter weight. Selanjutnya, komponen tower crane ini posisinya tepat berada di belakang jib. Counter weight terbikin dari beton yang memiliki fungsi sebagai pemberat hingga penyeimbang. Sehingga, alat-alat proyek yang diangkut oleh alat berat tersebut tetap stabil dan tidak mendadak jatuh;
  • Mast section. Bagian selanjutnya yang terdapat pada tower crane Jakarta adalah mast section. Komponen ini termasuk bagian paling penting, karena memiliki peran mengatur ketinggian tower crane yang dipakai dalam proyek pembangunan. Untuk memasangnya, kontraktor memerlukan bantuan alat hidrolik dengan posisi secara vertikal;
  • Joint pin. Pada joint pin, operator yang mengoperasikan tower crane bisa mengatur pergerakan alat tersebut. Ada dua tombol yang disediakan, antara lain tombol beban maksimum dan tombol momen beban. Kedua tombol tersebut digunakan operator untuk mengatur beban yang diangkut tower crane tidak melampaui batas normal;
  • Collar frame/anchorages frame. Bagian penting lainnya yang terdapat pada tower crane adalah collar frame atau anchorages frame. Collar frame merupakan sabuk pengaman yang diikatkan ke bangunan berdasarkan kekuatan bracing. Langkah tersebut diaplikasikan agar bangunan stabil walau ada tekanan atau tarikan yang terjadi.

Mengapa tower crane harus ada dalam proyek pembangunan?

  • Dengan ukuran dan tingginya, tower crane memudahkan pengangkutan alat maupun barang ke tempat-tempat yang sulit dijangkau manusia. Terutama dalam proyek gedung tinggi yang selalu bertingkat;
  • Tower crane adalah salah satu alat berat yang dapat membawa barang berkapasitas besar dalam waktu yang relatif singkat. Beban yang dapat dibawa bisa mencapai 1.000 kilogram atau 1 ton. Semakin cepat proses pembangunan, semakin hemat bujet yang dikeluarkan;
  • Seperti yang sudah disebutkan, beberapa tipe tower crane dilengkapi dengan kemampuan berputar hingga 360 derajat. Kelebihan tersebut memudahkan operator yang ingin memindahkan alat maupun barang berdasarkan kebutuhan.

Dengan segala kelebihan dan manfaatnya, keberadaan tower crane telah membantu banyak pihak untuk menyelesaikan proyek tepat waktu. Semoga informasi ini membantu siapa pun yang mencari tower crane Jakarta yang sesuai!

  • sewa tower crane jakarta
  • sewa tower crane

Tidak sulit menemukan tempat sewa crane Jakarta. Hanya saja, calon penyewa perlu mengenal dahulu salah satu jenis alat berat tersebut dengan baik. Crane merupakan alat perangkat material yang mampu mengangkut hingga memindahkan material—terutama untuk bangunan—secara horizontal dengan jarak jangkauan relatif kecil. Sementara untuk pengangkutan material lepas jarak jauh tugasnya dilakukan alat lain seperti truk, belt, hingga wagon.

 

Jenis-Jenis Crane dan Fungsinya

Selain tower crane yang bersifat statis, ada jenis-jenis crane lain dengan penggerak yang digunakan untuk kebutuhan konstruksi. Cara kerja semua crane pada umumnya nyaris sama, yang berbeda hanya pada penggeraknya. Jenis crane dengan penggerak umumnya diberikan kelebihan berupa mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain. roda ban maupun crawler yang dipasang pun menentukan jarak perpindahan.

 

Setidaknya ada tiga jenis crane penggerak yang sering dipakai, di antaranya:

  1. Crawler Mounted Crane

Disebut juga sebagai crane dengan roda crawler, jenis alat berat ini memiliki bagian atas yang mampu bergerak 360 derajat berkat fitur turntable. Roda crawler pada crane ini pun memungkinkannya pindah dengan mudah di area atau lokasi proyek meski pergerakannya relatif terbatas. Untuk memindahkan crawler mounted crane, maka lowbed trailer akan digunakan sebagai pengangkut. Langkah tersebut akan dilaksanakan dengan pembongkaran boom menjadi beberapa bagian untuk memudahkan prosesnya.

Di lapangan, roda pada jenis crane ini terbilang stabil saat bergerak di permukaan tanah apa pun karena ukurannya yang besar. Akan tetapi, tetap harus berhati-hati saat bertemu medan dengan material jelek atau riskan. Sementara saat mengangkat material, posisi alat harus berada pada water level agar tetap stabil. Lantas, memastikan ukuran roda di tempat sewa crane Jakarta untuk jenis ini harus diperhatikan, sebab akan sangat mempengaruhi keseimbangannya. Crawler panjang lebih direkomendasikan.

  1. Truck Mounted Crane

Selanjutnya, ada truck cane yang dapat dipindahkan dari satu tempat proyek ke proyek lainnya tanpa membutuhkan bantuan alat angkut. Hal tersebut dikarenakan mobilitasnya yang sangat tinggi dengan kecepatan maksimal hingga 55 kilometer per jam. Namun, beberapa bagian crane tersebut tetap perlu dibongkar untuk memudahkan proses pemindahan. Selain itu, pihak yang membawanya harus sudah mengetahui rute yang akan dilewati untuk menghindari berbagai hambatan seperti overpass atau kabel listrik rendah, jembatan kecil, dan rintangan lainnya.

Seperti crane dengan roda crawler, truck mounted crane juga memiliki bagian atas yang bisa berputar 360 derajat. Sementara sebagai penjaga keseimbangan, truck crane dibekali dengan kaki atau outrigger yang dalam pengoperasiannya perlu dipasang terlebih dahulu. Roda pun perlu diangkat dari tanah agar pengoperasian dengan boom panjang tidak mengancam keselamatan. Semakin keluar posisi kaki atau outrigger, maka semakin stabil pula crane yang dijalankan.

  1. Wheel Mounted Crane

Jenis crane penggerak ini menggunakan roda ban untuk penunjang mobilitas dengan lengan boom hidrolis. Dikenal juga sebagai hydraulic crane/telescopic crane, tipe alat berat ini memiliki struktur yang dilengkapi dengan telescopic boom serta silinder hidrolis tunggal yang berfungsi sebagai pengangkat dan kait. Boom yang terdapat pada wheel mounted crane pun dapat diperpanjang maupun diperpendek sesuai kebutuhan tanpa harus membongkarnya terlebih dulu. Kelebihan ini pula yang membuat jenis crane ini fleksibel di jalanan.

Demikian tiga jenis crane penggerak yang bisa dijumpai di lokasi sewa crane Jakarta. Semoga informasi ini bermanfaat!

16 pusat perbelanjaan (mall) yang menggunakan jasa IndoTowerCrane :
  • Plaza Senayan
  • Senayan City
  • Mall Taman Anggrek
  • Mall Central Park
  • Pacific Place
  • Mall Kelapa Gading 2
  • AEON Mall
  • Mall Summarecon Bekasi
  • Epicentrum
  • Mall Ciputra World
  • Mangga Dua Square
  • Pluit Village
  • WTC Mangga Dua
  • Mall Cileungsi
  • Mall Metropolitan Bekasi
  • Season City
Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet