Indo Tower Crane

​Mengenal Bagian Penting Dari Tower Crane

Tower crane adalah salah satu bentuk alat berat yang digunakan untuk mendukung pembangunan gedung bertingkat atau bahkan jembatan. Bentuk yang dimilikinya pun seperti halnya menara yang menjulang tinggi ke bagian atas dan dibuat dengan bahan besi menggunakan sistem penggerak, sehingga proses pembangunan pun lebih mudah untuk dilakukan.

Dikenal sebagai alat yang menghubungkan area-area tertentu, baik secara vertikal maupun horizontal, dan juga penggunaannya sebagai media untuk mengangkut beragam material lain serta alat yang dibutuhkan tentunya menjadikan tower crane sebagai benda penting yang wajib untuk diperhatikan. Apalagi keberadaan tower crane itu sendiri juga mempengaruhi tingkat keselamatan para pekerjanya.

Menurut cara kerjanya, tower crane dijalankan dengan menggunakan mesin yang berada di dekat dari struktur gedung. Itulah sebabnya jika gedung yang dibangun semakin tinggi, maka mesin yang digunakan pada crane pun akan semakin tinggi pula. Merujuk pada hal tersebut tentunya turut berpengaruh pula pada Harga Tower Crane (sewa) yang dimilikinya, namun harga sewa yang diberikannya tersebut umumnya disatukan dengan kebutuhan biaya-biaya lainnya. Seperti halnya biaya kirim, pemasangan, biaya bongkar, dan juga kebutuhan untuk mengembalikannya.

Selain itu, untuk penempatan tower crane juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Hal ini bahkan diperlukan perencanaan khusus dan lebih matang juga dengan memperhatikan kondisi lokasi, serta struktur bangunan yang dimilikinya. Untuk itu diperlukan ahli khusus yang dapat bekerja dalam proses pemasangan tower crane, pasalnya bagian yang satu ini ketika dipasang harus memperhatikan jarak yang dimilikinya. Karena dengan jarak yang tepat tentunya crane dapat berfungsi dengan lebih baik dan leluasa dalam mengangkut serta mengangkut kebutuhan alat pembangunan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa bagian pada tower crane yang berperan penting dengan fungsi yang dimilikinya :
 

1. Jib

Jib adalah tangan dari tower crane yang dapat digerakkan hingga 360 derajat secara horizontal. Jib juga terbuat dari kabel baja sehingga dapat mengangkut dan juga menahan peralatan yang digunakan pada proses pembangunan.
 

2. Counter Weight

Counter weight adalah pemberat yang berada di bagian belakang dari tangan crane atau jib dan terbuat dari beton. Bagian yang satu ini digunakan untuk menyeimbangkan alat proyek ketika diangkut.
 

3. Mast Section

Mast section adalah bagian yang digunakan untuk mengatur tinggi dari tower crane. Karena itulah untuk pemasangan alat yang satu ini pun dibutuhkan bantuan dari mesin hidrolik dengan arah vertikal.
 

4. Joint Pin

Join pin adalah tempat dari operator yang bekerja untuk mengatur pergerakan tower crane. Pada tower crane sendiri terdapat dua tombol limit yang terdiri dari tombol beban maksimum, serta tombol momen beban, yang dapat membantu operator untuk memastikan bahwa crane tidak mengangkat beban secara berlebih.
 

5. Collar Frame atau Anchorages Frame

Bagian yang satu ini dikenal sebagai bagian penting utamanya ketika tower crane melebihi batas ketinggian tertentu. Sementara collar frame atau pun sabuk pengaman digunakan dengan cara diikatkan pada bangunan dengan cara memperhatikan kekuatan bracing, sehingga bangunan pun dapat terjaga dengan stabil meskipun terdapat tarikan atau bahkan tekanan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat yang dapat penulis jelaskan mengenai Harga Tower Crane kali ini.

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet