Indo Tower Crane
5 Langkah Tepat Menemukan Supplier Alat Berat Terpercaya

Menentukan supplier alat berat di Indonesia perlu dilakukan secara cermat. Selain harga yang relatif mahal, kualitas alat berat sangat mempengaruhi pekerjaan dari pihak yang membutuhkannya. Supplier alat berat yang sudah berpengalaman tentunya tak ragu memberikan layanan maksimal kepada klien baru maupun lama. Salah satu bentuk servisnya adalah menyediakan suku cadang alat berat asli dan berkualitas tinggi.

Maka, sebelum menjatuhkan pilihan, calon pembeli atau klien perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Periksa Reputasi Dan Kredibilitas Supplier

Menjadi penyedia alat berat memang bisnis yang menguntungkan. Sayangnya, peluang tersebut malah disalahgunakan oknum-oknum yang ingin meraup laba melimpah tanpa memperhatikan nasib pembeli. Untuk menghindari kemungkinan terburuk tadi, calon klien patut memeriksa reputasi dan kredibilitas dari supplier yang akan dipilih. Malah kalau memungkinkan datang langsung ke tempat mereka bekerja untuk melihat kualitas produk hingga bernegosiasi dengan pemiliknya. Dengan begitu, kemungkinan mendapat alat berat palsu atau bermutu rendah dapat dihindari.

  1. Memastikan Alat Berat Yang Dicari Tersedia

Ada supplier yang dapat didatangi langsung? Menyambung poin sebelumnya, manfaatkan kesempatan ini untuk memeriksa alat-alat berat yang mereka sediakan. Selain itu, jangan jatuhkan pilihan langsung pada satu tempat. Carilah beberapa supplier lain yang rentang harga produknya bersaing ketat. Kunjungi satu per satu, baru setelah itu pilih mana penyedia yang dirasa sesuai dengan bujet maupun kebutuhan. Akan tetapi, kalau letak supplier cukup jauh, lakukan pemeriksaan dengan mengakses website atau media sosial mereka (kalau ada) atau minta orang lain untuk melihat-lihat ke sana.

  1. Mengenali Sistem Pembayaran Yang Ada

Supplier alat berat bukanlah tipe penyedia produk biasa, mengingat stok barang yang mereka sediakan berukuran besar dengan harga yang tidak murah. Itu berarti, sistem pembayaran yang disediakan pun agak berbeda dari supplier produk lainnya. Tanyakan sistem pembayaran yang ditawarkan untuk jual-beli alat berat. Apakah mereka hanya menerima tunai atau melayani transaksi kredit? Apakah alat berat yang mereka jual bisa dicicil pelunasannya? Ingat, pembeli berhak mengetahui informasi seputar metode pembayaran dan supplier profesional tentunya tak akan ragu berbagi jawaban.

  1. Ketersediaan Garansi (Warranty) Alat Berat

Sebagai bentuk jaminan terhadap konsumen, garansi biasanya turut disertakan dalam transaksi produk. Hal tersebut juga berlaku pada alat-alat berat, khususnya yang masih baru atau belum berstatus bekas. Supplier dengan jam terbang tinggi biasanya akan memberitahu ketersediaan garansi tanpa ditanya dulu oleh calon pembeli. Namun, konsumen juga berhak mengetahui dengan menanyakannya bila supplier tidak menyebutkan jaminan tersebut. Malah sekarang, klaim garansi dapat dilakukan secara online untuk kepraktisan bagi kedua belah pihak.

  1. Product Knowledge Dari Pihak Supplier Produk

Poin terakhir yang tak kalah penting untuk digali adalah product knowledge dari supplier-nya. Penyedia alat berat harus mengenal baik produk-produk yang mereka pasarkan—dari nama, seri, kompoonen, dan perawatan yang sesuai. Pengetahuan yang baik dan lengkap merupakan nilai tambah sekaligus indikator konsumen saat hendak memilih alat berat yang mereka butuhkan. Di sisi lain, calon pembeli juga harus membekali diri dengan informasi alat berat yang mereka cari. Langkah tersebut bisa menghindari mereka dari oknum yang kadang menipu lewat berbagai kebohongan yang meyakinkan.

Dengan kelima cara di atas, diharapkan calon klien atau pembeli dapat menemukan supplier alat berat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet