Indo Tower Crane

Alat Berat adalah Alat Dengan Fungsi yang Beragam. Ini Fungsi dan Jenisnya!

Alat berat adalah alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam pekerjaan yang memerlukan alat-alat berukuran besar untuk menyelesaikan pekerjaan yang besar pula. Penggunaan dari alat berat ini juga memiliki tujuan agar pekerjaan dapat selesai dengan lebih mudah dan juga cepat. Alat berat memiliki beragam fungsi dan jenis tergantung dari penggunaannya.

 

Fungsi Alat Berat

Penggunaan alat berat adalah untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalah pembangunan yang mengharuskan penggunaan alat besar. Akan tetapi, apabila alat berat digunakan dengan kurang tepat dan tidak sesuai kondisi dan situasi dari lapangan kerja, maka akan memberikan beberapa kerugian seperti produksi yang menjadi rendah, tidak tercapai target, dan terbuangnya waktu secara percuma.

 

Oleh sebab itu, sebelum menentukan alat berat mana yang akan digunakan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja fungsi dari alat-alat berat tersebut. Alat berat merupakan mesin yang berukuran besar yang dirancang khusus untuk membantu dalam proses konstruksi seperti untuk konstruksi bangunan, jalan, tanah, pertambangan, bahkan hingga perkebunan dan pembukaan lahan.

 

Keberadaan alat berat ini sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan suatu infrastruktur karena alat berat memiliki fungsi utama yaitu sebagai mesin yang dapat mengeksplorasi material-material dengan mudah, misalnya saja seperti batu bara, pertambangan, semen, pengangkatan material-material bangunan, perataan tanah, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari penggunaan alat berat sendiri memiliki keuntungan yang sangat menarik yaitu dapat mengerjakan pekerjaan menjadi lebih cepat dengan tenaga yang besar dan juga lebih ekonomis karena tidak memerlukan sumber daya manusia ataupun alat lainnya dalam jumlah yang banyak.

 

Jenis Alat-Alat Berat

Alat berat merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia akan kebutuhan mengangkat, mengeruk, meratakan, dan masih banyak lagi. Berdasarkan fungsi dan jenisnya, alat berat dibedakan menjadi beberapa jenis, beberapa jenis alat berat diantaranya :

 

1. Excavator

Excavator merupakan alat berat yang umum digunakan dalam pembangunan. Adapun fungsi lainnya dari excavator, yaitu untuk menggali, memuat material, mengangkat beban, menghancurkan bebatuan, mengebor, meratakan tanah, dan masih banyak lagi.

 

2. Motor Grader

Motor grader merupakan alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah secara mekanis Adapun fungsi lainnya dari motor grader, yaitu untuk finishing pada perataan tanah, pencampuran tanah, pembuatan parit, dan juga pemberaian butiran tanah.

 

3. Articulated Dump Truck

Alat berat yang satu ini memiliki fungsi untuk mengangkut dan juga memindahkan material dari suatu tempat ke tempat lainnya. Kelebihan dari penggunaan alat berat ini adalah mampu tahan pada kondisi jalanan yang terdapat banyak lumpur.

 

4. Highway Dump Truck

Alat berat ini tidak jauh berbeda fungsinya dengan alat berat yang sebelumnya, akan tetapi alat berat ini mampu untuk mengangkat material dengan beban yang lebih besar yaitu mulai dari berat 40 ton hingga 360 ton. Alat berat adalah alat yang digunakan untuk mengangkat beban, seperti highway dump truck ini.

 

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet