Indo Tower Crane

Beberapa Nama Alat Berat Dalam Konstruksi

Belakangan ini penggunaan alat berat untuk pengerjaan proyek-proyek konstruksi maupun manufaktur merupakan hal yang sangat menunjang dalam pembangunan yang dilakukan pemerintah tentunya. Menggunakan peralatan berat tersebut akan membantu mempersingkat waktu pengerjaan yang dilakukan. Namun, apakah Anda mengetahui nama alat berat tersebut beserta fungsinya?

 

Sekilas Mengenai Alat Berat

Alat berat merupakan alat yang dipakai untuk membantu pekerjaan manusia dalam hal pembangunan baik konstruksi maupun manufaktur. Penggunaannya merupakan hal yang penting dalam suatu proyek, utamanya proyek pertambangan, konstruksi dan kegiatan lainnya yang berskala besar.

Menggunakan alat berat tersebut bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam menghasilkan suatu bangunan dalam waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan pengerjaan biasa. Peralatan berat tersebut sangatlah beragam dan fungsinya pun berbeda – beda tergantung klasifikasinya masing masing.

 

Klasifikasi nama alat berat itu berkaitan dengan fungsinya yang beragam, ada yang digunakan untuk membangun jalan, ada yang digunakan untuk membuat gedung dan juga yang lainnya.

 

Nama-Nama Alat Berat Dalam Konstruksi

Penggunaan alat-alat berat harus disesuaikan dengan kondisi dan juga situasi lapangan. Pemilihan alat yang tidak sesuai tentu dapat mempengaruhi pengerjaan mulai dari waktu selesainya dan juga kerugian dari biaya yang mungkin terjadi dari tidak tercapainya target dari waktu yang ditentukan tersebut. Sebelumnya, Anda perlu memahami mengenai fungsi dan juga pengaplikasiannya sebelum menentukan tipe atau banyaknya jumlah alat berat yang akan digunakan nantinya.

Sebut saja alat-alat berat yang sering digunakan untuk proyek konstruksi, meliputi:
 

1. Dozer

Dozer adalah traktor yang telah dilengkapi pisau pada bagian depannya yang mempunyai fungsi untuk memotong atau mendorong material. Jenis pekerjaan yang menggunakan bantuan dozer ini adalah proses membuka jalan baru, memindahkan material dengan jarak pendek, mengupas top soil dan juga pembersihan lahan dari pohon, menyebarkan material, mengisi kembali saluran dll.
 

2. Alat Gali

Alat Gali adalah alat yang digunakan untuk menggali tanah ataupun batu-batuan. Alat ini lebih dikenal dengan sebutan excavator. Yang masuk dalam kategori alat gali adalah backhoe, dragline, clamshell dan front shovel.
 

3. Alat Angkut

Alat Angkut adalah alat yang bisa mengangkut material secara vertikal dan kemudian memindahkannya pada jarak jangkau yang relatif dekat dengan cara horizontal. Sedangkan untuk jarak tempuh yang lebih jauh menggunakan alat yang berupa truck, wagon dan juga belt.
 

4. Alat Padat Tanah

Alat Padat Tanah adalah alat yang digunakan untuk memadatkan tanah. Maksudnya, jika terdapat suatu lahan yang mempunyai timbunan tanah maka perlu dilakukan pemadatan agar lahan bisa rata. Ini biasanya digunakan untuk pembuatan jalan.
 
Itulah tadi nama alat berat yang sering digunakan dalam konstruksi berikut fungsinya. Untuk mendapatkan yang berkualitas silahkan kunjungi https://www.indotowercrane.com saja.

 

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet