Indo Tower Crane
Inilah Spesifikasi Kerja Perusahaan Berdasarkan Jenis dan Kategorinya

Ketika mendengar perusahaan konstruksi, sebagian besar masyarakat akan membayangkan korporasi yang berkaitan dengan pembangunan gedung. Faktanya, walau memang berhubungan dengan gedung-gedung tinggi, konstruksi juga mencakup fasilitas lain seperti rumah hingga jembatan.

Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi pun terdiri atas beberapa jenis. Di bawah ini daftar tipe konstruksi berdasarkan objek/bangunannya.

  • Konstruksi Perumahan

Sesuai namanya, susunan dalam ranah ini dirancang sedemikian rupa untuk kompleks perumahan atau tempat tinggal. Pada zaman prasejarah, kemampuan membangun menjadi salah satu pembeda di antara homo sapiens dengan spesies manusia purba lainnya. Seiring berjalannya waktu, kemampuan manusia dalam mendesain tempat tinggalnya semakin meningkat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

  • Konstruksi Gedung

Jenis konstruksi ini biasanya diterapkan pada fasilitas umum seperti bangunan institusional, komersial, pendidikan, sosial, industri ringan, hingga tempat rekreasi. Konstruksi gedung umumnya dikerjakan para arsitek sipil dengan menggunakan material yang lebih ditekankan pada aspek-aspek arsitektural. Tipe konstruksi ini pula yang paling sering dikerjakan dan ditemukan di kota-kota besar.

  • Konstruksi teknik

Berbeda dengan konstruksi gedung, konstruksi teknik menggunakan struktur yang didesain secara khusus oleh para pakar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Jenis konstruksi yang berkaitan dengan infrastruktur ini dipecah lagi menjadi dua bagian, yakni konstruksi jalan (mencakup konstruksi jembatan dan drainase) dan konstruksi berat (didanai pemerintah atau bermitra dengan swasta).

  • Konstruksi Industri

Dibandingkan dengan jenis-jenis konstruksi sebelumnya, konstruksi industri terbilang yang paling berat karena meliputi proyek tingkat tinggi untuk manufaktur maupun produksi. Dalam sejumlah proyek, para kontraktor dan arsitek akan dilibatkan dalam satu perusahaan. Mereka lantas diberi tugas merancang desain hingga melaksanakan pembangunan konstruksi yang diminta klien.

Dalam praktiknya, perusahaan konstruksi harus memegang perancangan maksimal untuk melancarkan pembangunan. Maka dari itu korporasi yang menangani sebuah proyek konstruksi perlu mengetahui dulu jenis bangunan yang hendak mereka bangun beserta kebutuhan, fungsi, hingga manfaatnya.

Setelah mengetahui bentuk fisik yang akan dirancang, perusahaan yang menangani proyek juga wajib mengetahui usaha-usaha yang tercakup dalam spesifikasi pekerjaannya. Berdasarkan Undang-undang Nomor 18 tahun 1999, ada tiga kategori aktivitas yang terdapat dalam jasa konstruksi, di antaranya:

  1. Perencanaan Konstruksi

Seperti yang telah disinggung, penting bagi sebuah perusahaan yang menjalankan jasa konstruksi untuk melakukan perancangan. Dalam hal ini, korporasi perlu merangkai jadwal kegiatan maupun bagian, mulai dari studi pengembangan hingga penyusunan dokumen kontrak untuk kerja konstruksi. Kebutuhan yang ada dalam perencanaan konstruksi ini biasanya disebut sebagai konsultan perencana.

  1. Pelaksana Konstruksi

Berikutnya, dalam pelaksana konstruksi, perusahaan akan memberikan layanan berupa pelaksanaan kerja konstruksi. Servis tersebut terdiri atas rangkaian aktivitas maupun bagian dari kegiatan seperti persiapan lapangan hingga penyerahan hasil akhir dari pekerjaan konstruksi. Dalam hal ini, hasil akhir tadi kerap dinamakan juga sebagai kontraktor konstruksi.

  1. Pengawasan Konstruksi

Terakhir, pengawasan kontruksi yang, sesuai namanya, merupakan layanan pemantauan untuk baik sebagian maupun keseluruhan pekerjaan yang dilaksanakan korporasi. Kegiatan yang ada di dalam kategori ini mencakup penyiapan lapangan hingga penyerahan akhir konstruksi. Rangkaian aktivitas ini kerap disebut juga sebagai konsultan pengawas.

Dengan mengetahui jenis konstruksi beserta kategori usahanya, maka akan lebih mudah juga bagi para klien untuk memilih tipe konstruksi yang mereka perlukan. Di sisi lain, perusahaan konstruksi juga dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk klien mereka.

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet