Indo Tower Crane

Ketahui Macam-Macam Alat Berat Dan Fungsinya Yang Sering Ditemui

  • Ketahui Macam-Macam Alat Berat Dan Fungsinya Yang Sering Ditemui

Alat berat sangat penting keberadaannya dalam dunia konstruksi. Mesin yang berukuran besar tersebut membantu para pekerja bangunan dalam mengeruk tanah dan memindahkan barang-barang bangunan yang besar. Pemilihan alat berat untuk mengerjakan proyek bangunan ada macam-macam alat berat dan fungsinya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi lapangan kerja. Berikut ini macam-macam alat berat agar Anda bisa tepat dalam pemilihan.

 

Alat Berat Penggali

Alat berat jenis ini sering Anda lihat di sekitar proyek. Jenis alat berat penggali dikenal sebagai excavator. Fungsi dari alat berat penggali adalah untuk menggali tanah dan juga bebatuan. Para pekerja sangat terbantu dengan alat ini terlebih untuk tanah yang susah digali.

 

Alat Berat Pengolah Lahan

Proyek tidak selalu di tempat kondisi yang bagus. Keberadaan alat berat pengolah lahan berfungsi sebagai alat yang mempersiapkan lahan agar siap diolah. Untuk lahan yang masih ditumbuhi semak-semak dan pepohonan, alat berat pengolah lahan berupa dozer dapat membuka lahan tersebut.

 

Alat Berat Pemindah Material

Macam-macam alat berat dan fungsi berikutnya adalah alat berat pemindah material. Fungsi alat ini untuk memindahkan bahan material dari yang ringan hingga paling berat. Dozer selain sebagai alat berat pengolah lahan, ternyata juga bisa sebagai pemindah material.

 

Alat Berat Pengangkut Material

Crane yang biasa Anda lihat merupakan salah satu alat berat pengangkut material. Sesuai dengan namanya, fungsi alat ini untuk mengangkat material dalam gerak horizontal maupun vertikal. Selain crane, alat transportasi seperti truck dan wagon juga bisa disebut sebagai alat berat pengangkut material.

 

Alat Berat Pemadat

Lahan-lahan luas seperti jalan raya, landasan pesawat terbang, dan lainnya harus dilakukan pemadatan tanah agar keadaan tanah mulus. Itulah peran dari adanya alat berat pemadat tanah. Alat berat pemadat yang dikenal adalah tandem roller.

 

Alat Berat Penempat Akhir Material

Alat berat penempat akhir material memiliki fungsi sebagai mesin untuk menempatkan berbagai bahan material ringan maupun berat dari satu tempat ke tempat yang telah ditentukan. Bahan-bahan tersebut disebarkan di beberapa tempat secara merata dan kemudian dipadatkan dengan alat berat pemadat.

 

Alat Berat Pemroses Material

Anda pernah melihat concrete mixer truck yang lalu lalang di jalan raya. Alat tersebut merupakan salah satu alat berat pemroses material. Fungsi alat ini digunakan untuk mengubah bahan-bahan material seperti mineral alam dan batuan menjadi suatu ukuran dan bentuk yang dibutuhkan. Alat berat pemroses material dapat menghasilkan beton, semen, dan aspal.

 

Jadi, dalam proses pengerjaan proyek bangunan, alat berat yang digunakan berbeda-beda. Itulah penjelasan macam-macam alat berat dan fungsi yang bisa membantu Anda untuk membedakan alat berat.

 

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet