Indo Tower Crane

Mengetahui Penggunaan Crane Alat Berat

Crane Alat Berat merupakan salah satu alat berat yang sering digunakan dalam pembangunan gedung-gedung. Jika dibandingkan dengan cara konvensional, tentunya alat yang satu ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.
 
 

Penggunaan Alat Berat Crane

 
Menggunakan tower crane tentunya akan jauh menghemat waktu. Sehingga, alat yang satu ini sangat penting untuk digunakan. Alat yang satu ini bisa digunakan dalam mengangkut bahan concrete bucket. Penggunaan lainnya adalah dapat mengangkut berbagai jenis alat bantu mulai dari besi beton, bekisting kolom, struktur, dan sebagainya.
 
Penggunaan dan penempatan alat berat crane tentunya harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan tepat, sesuai dengan kondisi lapangan dan struktur bangunan yang dibuat. Terlebih lagi ketika bangunan tersebut memiliki ukuran sangat besar, dengan begitu tower crane yang digunakan bukan hanya satu saja, tetapi ada beberapa crane. Penting sekali untuk memastikan dan memperhitungkan jarak jangkau masing-masing alat crane ini.
 
Sehingga dapat menjangkau semua bagian proyek dan anda tidak perlu melakukan bongkar pasang berkali-kali. Selain itu, perlu juga untuk diketahui bahwa penggunaan crane yang baik adalah dapat menggunakan jib length atau panjang lengan sependek mungkin. Ketika semakin jauh jarak yang akan dijangkau, maka kemampuan angkatnya akan semakin menurun.
 
Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah kapasitas tower Crane Alat Beratnya. Karena ini merupakan faktor terpenting sebagai efesiensi dalam pembuatan kontruksi. Waktu distribusi, kemampuan beban angkut, hingga jumlahnya juga harus diperhitungkan dengan baik. Bahan yang digunakan untuk membuat tower crane ini adalah baja yang terdiri dari base section dan mast, slewing, telescopic, dan set. Kemudian ada lagi cad head, jib section, counter jib, serta trolley dan hook.
 
 

Bagian-bagian Crane Alat Berat

 
Beberapa bagian tower crone yang memiliki peran yang cukup vital adalah jib yang dapat melakukan putaran horizontal sampai 360 derajat. Selain itu, ada juga beberapa bagian lainnya yang harus anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut.
 

  • Mast section

Mast section adalah alat yang dipakai untuk menentukan berapa ukuran ketinggian dari crane. Ketika dipasang, maka masing-masing mast section menggunakan bantuan alat hidrolik, dengan begitu dapat disusun dengan sistem vertikal.
 

  • Counter weight

Merupakan alat yang berupa beton, digunakan untuk pemberat serta menciptakan keseimbangan di lengan tower crane. Untuk letaknya sendiri berada di belakang lengan. Menggunakan alat pemberat ini, lengan harus selalu dalam kondisi kuat dan stabil ketika menahan beban yang akan diangkut secara horizontal.
 
Selain itu, ada juga alat berupa sabuk pengaman yang disebut juga dengan collar frame atau anchorages frame. Ketika ukuran ketinggian dari crane telah melebihi batas yang sudah ditentukan oleh produsen, maka sabuk pengaman harus segera diletakkan atau diikatkan pada kolom bangunan. Untuk proese pemasangannya harus memperhitungkan daya kekuatannya, dengan begitu kontruksinya  dapat menerima dengan baik, mulai dari beban tarik atau beban tekan.
 
Bagian lainnya adalah join pint yang digunakan sebagai tempat operator mesin dalam menggerakkan tower crane. Tempat yang memiliki bentuk seperti ruang kecil serta dilengkapi dengan tempat duduk yang digunakan untuk penentuan arah gerakan, jarak jangkau, hingga sistem operasional mesin yang akan dikendalikan. Berbagai kegunaan dan bagian crane ini memang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari proses pembangunan proyek. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki Crane Alat Berat.

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet