Indo Tower Crane

6 Nama Alat Berat dari Keluarga Crane beserta Perannya

Nama nama alat berat dalam jenis crane ternyata relatif beragam. Crane merupakan alat pengangkut dan pemindah material bangunan yang kerap dijumpai di lokasi pembangunan. Dari fungsinya, alat berat ini dirancang dengan kapasitas angkat besar dan mampu berputar sampai 360 derajat. Beberapa tipe crane bahkan memiliki jangkauan hingga puluhan meter.

Tak heran bila crane digunakan dalam berbagai bidang industri di Indonesia. Berikut ini ada 6 jenis crane yang digunakan pelaku konstruksi dalam proyeknya.

 

  1. Tower crane

Bisa dikatakan, tower crane adalah jenis alat berat pengangkut yang paling sering digunakan. Selain dapat membawa material bangunan dari satu tempat ke tempat lain, jenis crane ini pun mudah dipasang dan dibongkar. Dalam penempatannya, komponen-komponen tower crane dibawa menggunakan trailer untuk kemudian disusun di atas pondasi yang telah disiapkan.

 

  1. Mobile crane

Berbeda dari tower crane, alat berat yang disebut juga dengan truck cane ini dapat langsung dibawa atau dikendarai tanpa trailer. Selain itu, mobile crane sudah dilengkapi dengan kaki berupa pondasi atau tiang yang nantinya dipasangkan saat beroperasi. Hal tersebut dimaksudkan supaya keseimbangan pada truck crane tetap terjaga selama proyek berlangsung.

 

  1. Crawler crane

Alat berat selanjutnya yang masuk ke dalam nama nama alat berat adalah crawler crane. Jenis crane ini dilengkapi roda-roda rantai yang bergerak saat dipakai dalam berbagai medan. Untuk membawanya ke lokasi proyek, crawler crane akan diangkut dengan truck trailer setelah dibongkar jadi beberapa bagian yang nantinya dipasang setelah tiba di tujuan.

 

  1. Hydraulic crane

Berbeda dari beberapa jenis crane sebelumnya, hydraulic crane memakai sistem hidraulis (minyak) dengan pheuneumatik (udara) supaya bisa bekerja. Selain itu, jenis crane ini lebih sering digunakan di lokasi perbengkelan dan pergudangan. Hydraulic crane juga ditempatkan pada satu titik saja dengan jangkauan pendek dan putaran 180 derajat.

 

  1. Hoist crane

Seperti halnya hydarulic crane, hoist crane juga dapat Anda temukan di lokasi pergudangan hingga perbengkelan. Alat berat tersebut biasanya mendapatkan posisi di langit-langit dan mampu berjalan di rel khusus yang terpasang di sana. Untuk melancarkan pekerjaan di tempat tersebut, rel-rel dirancang agar bisa bergerak maju-mundur dan membawa hoist crane satu arah.

 

  1. Jip crane

Terakhir, ada jip crane yang tersedia dalam macam-macam ukuran. Jip crane ukuran kecil acap kali dimanfaatkan pihak-pihak yang bekerja di dunia perbengkelan dan pergudangan untuk memindahkan barang-barang berat. Sistem kerja alat berat ini pun hampir mirip dengan hoist crane, sedangkan struktur komponennya serupa dengan hydraulic crane.

Itulah enam nama nama alat berat yang datang dari keluarga crane. Mudah-mudahan informasi ini berfaedah bagi Anda!

 

Copyright © 2012. IndoTowerCrane.com. All Rights Reserved. Powered by Toffeenet